Selasa, 10 Februari 2009

Berkompetensi

Suara Merdeka
Sabtu, 7 Februari 2009

Berbagai harapan dan impian kian mewarnai penyelenggaraan masuk bersama yang diikuti oleh 27 PTS terkemuka di Indonesia. Dengan program studi yang ditawarkan sebanyak 361 prodi, meliputi 188 program studi (prodi) kelompok IPA dan 173 program studi kelompok IPS. Terobosan yang dilakukan PTS dalam melakukan seleksi penerimaan mahasiswa baru perlu mendapatkan apresiasi positif.

Penyelenggaraan ujian bersama yang dilakukan 27 PTS berpeluang menciptakan persaingan dengan PTN. Pasalnya, standar seleksi telah disetarakan dengan seleksi penerimaan mahasiswa baru PTN. Yang diharapkan dapat meningkatkan kualifikasi dalam penerimaan mahasiswa baru.

Dengan terobosan yang dilakukan oleh sejumlah PTS terdapat pencapaian yang ingin diraih untuk menyaingi PTN. Hal yang pertama ialah kesadaran akan peningkatan kualitas pendidikan. Kesadaran ini merupakan bagian yang melatarbelankangi penyelenggaraan SPMB PTS.

Hal kedua ialah keinginan PTS untuk mencakup wilayah penerimaan mahasiswa. Dengan jaringan seleksi ini memungkinkan PTS untuk memiliki mahasiswa yang lebih beragam. Yang ketiga, PTS memiliki kesempatan untuk menkadi perguruan tinggi yang berkelas dunia. Pasalnya, salah satu syarat untuk menjadi PT berkelas dunia pernah menyelenggarakan ujian masuk bersama tingkat nasional.

Ketiga hal di atas merupakan awal dari kebangkitan PTS di Indonesia dalam meningkatkan persaingan dengan PTN. Diharapkan tahun-tahun mendatang muncul terobosan baru dari PTS. Yang akan menjadi kebangkitan bagi perkembangan pendidikan di Indonesia.


Felix Wisnu Handoyo
Mahasiswa Ilmu Ekonomi
Fakultas Ekonomika dan Bisnis, UGM
Yogyakarta

1 komentar:

  1. Selamat ya atas dimuatnya tulisanmu di koran Suara Merdeka. Terus Menulis, jangan cepat puas dan syukuri apa yang telah kamu capai

    BalasHapus