Rabu, 13 Mei 2009

Sarana Komunikasi, Aktualisasi, dan Informasi

Kemajuan yang kian pesat teknologi membawa angin perubahan bagi gaya hidup masyarakat, terutama kaum muda. Kaum muda yang diwakili mahasiswa merupakan salah satu kelompok yang terus mengikuti perkembangan dan kemajuan tekonologi. Mulai dari browsing internet, chatting, facebook, hingga penggunaan blog di dunia maya.

Semuanya itu menyajikan informasi, komunikasi, dan komunitas dalam dunia maya, yang mampu menyihir penggunanya hingga kecanduan. Sarana semacam ini bisa memberikan pengaruh yang bermacam-macam bagi penggunanya, dari yang positif hingga yang negative. Namun, jika berbicara mengenai blog yang merupakan salah satu sarana komunikasi, aktulisasi diri, dan publikasi akankah memberi manfaat lebih besar bagi penggunanya?

Blog merupakan salah satu sarana di dunia maya yang paling digemari oleh mahasiswa. Pasalnya, blog mampu memberikan sajian menarik bagi mahasiswa untuk berakrualisasi, berkomunikasi, dan mendapatkan informasi dari sesama blogger. Fungsi yang sangat besar membuat sarana ini digandrungi oleh kaum muda, khususnya mahasiswa. Selain itu, blog terkadang dijadikan sebagai pengghasilan tambahan bagi mahasiswa melalui penayangan iklan dan hal lainnya.

Mengingat manfaatnya begitu besar, perlu adanya hubungan atau jejaring antar blogger, yang mana dapat bertukar informasi, berkomunikasi, dan untuk mendapatkan banyak rekanan. Jaringan semacam ini harus terus dibangun, mulai dari sifatnya local hingga nasional. Pasalnya, semakin banyak anggota semakin besar manfaat yang didapat. Namun, perlu diperhatikan manfaat yang besar akan sirna jika pengguna tidak mampu membatasi diri. Akhirnya dunia maya mampu menyetir kehidupan riil pengguna. Untuk itu, batasilah diri anda.

Felix Wisnu Handoyo
Mahasiswa Ilmu Ekonomi
Fakultas Ekonomika dan Bisnis, UGM
Yogyakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar