Kamis, 08 Januari 2009

Penggerak Masa Depan Bangsa

Pemuda merupakan mereka yang mampu berfikir secara konservatif dengan inovasi baru. Jiwa pemuda sudah sepatutnya bukan hanya dimiiliki mahasiswa tetapi mereka yang memiliki sikap dan perilaku demikian.

Menghadapi tahun politik 2009 sudah sewajarnya semua rakyat Indonesia ikut terlibat dalam pesta demokrasi tersebut. Keterlibatan aktif dari masyarakat dapat menjadi tonggak masa depan Indonesia minimal untuk empat tahun mendatang. Kini saatnya semua masyarakat terlibat dalam pesta demokrasi 2009 sehingga dapat menghilangkan budaya pragmatisme dan apatisme. Ketelibatan masyarkat dapat diwujudkan dengan menjadi pemilih tuhun depan. Sedangkan, pemuda yang sering digambarkan sebagai mahasiswa harus mampu memberikan sumbangsi yang lebih besar bagi masa depan bangsa.

Peran yang bisa diambil oleh pemuda Indonesia ialah menjadi penggerak masa depan bangsa, pengawas untuk pemilu 2009, penginspirasi dari kemajuan bangsa, dan pembaharu yang konservatif yang inovatif. Keempat hal tersebut merupakan amanah yang harus diemban pemuda Indonesia demi kemajuan bangsa. Pergerakan yang berbudaya, berestetika dan beretika bisa menjadi landasan dalam melakukan keempat hal tersebut.

Penggerak masa depan bangsa merupakan amanah besar yang harus diemban oleh pemuda Indonesia. Pasalnya, pemuda merupakan generasi penerus bangsa dan pemikir inovatif yang diharapkan mampu memberikan solusi bagi permasalahan bangsa. Untuk itu, tidak salah jika peran pemuda bagi kemajuan bangsa menjadi sebuah hal yang penting.

Selain sebagai pemilih dalam pemilu 2009, pemuda Indonesia harus ikut menjadi pengawas dalam pesta demokrasi. Hal itu perlu dilakukan agar pemilu mendatang benar-benar menjadi sebuah keberhasilan demokrasi. Yang patut diperjuangkan dan dijunjung tinggi tingkat kejujurannya. Pengawasan menjadi sebuah hal yang penting dalam pelaksanaan pemilu agar demokrasi di Indonesia bisa menjadi tonggak pergerakan bangsa di masa mendatang.

Sesuai dengan pengertian di atas, pemuda merupakan harus menjadi penginspirasi dari kemajuan bangsa. Hal itu dimaksudkan agar pergerakan yang dilakukan oleh mahasiswa yang merupakan bagian dari pemuda Indonesia bisa memberikan inspirasi bagi kemajuan bangsa. Sebagai inspirator pemuda Indonesia harus mampu memberikan inovasi dalam setiap kebijakan pemerintah.

Suatu bangsa akan berkembang ketika adanya pembaharuan yang dilakukan dalam pemerintahannya. Dimana bentuk nyata yang bisa dilakukan dengan melakukan perjuangan tanpa henti dalam membangun bangsa. Sebagai pembaharu pemuda Indonesia juga harus melakukan gebrakan dalam penyelenggaraan pemilu tahun 2009. Dengan keepat hal tersebut diharapkan kemajuan bangsa bisa tercapai, tidak hanya untuk pemilu 2009 tetapi juga untuk masa mendatang.


Felix Wisnu Handoyo
Mahasiswa Ilmu Ekonomi
Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM
Yogyakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar